DaerahNews

PT Timah Sosialisasi Rencana Penambangan Di Perairan Laut Merbau

Hercules Dari CV Timor Ramelau Dipercaya Oleh Negara Melalui PT Timah Tbk

 

Bangka Selatan, Journalarta.com – Bersama masyarakat Dusun Merbau dan dusun Rias, PT Timah Tbk (UPLB) melaksanakan sosialisasi rencana penambangan laut.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di kantor Wasprod, Selasa (17/5/22) pukul 16.15 Wib tersebut dihadiri oleh Kadiv PAM PT Timah Tbk, Wing Handoko, Kabid PAM Ulb, M.Zahudi, Perwakilan Ka.Unit UPLB, Ronanta, Kabid CSD, Beni Puridar, Kabag Ops Polres Basel, Pabung Kodim, Danpos AL, Camat Toboali, CV.Timor Ramelau, Hercules, Penanggung Jawab Ponton, Bukong dan Pihak masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut, Ka.Unit UPLB, Ronanta meminta masyarakat yang dalam sosialisasi untuk membantu serta meningkatkan produksi bijih timah dan PT Timah Tbk selaku pemegang IUP melakukan sosialisasi terlebih kepada masyarakat sebelum melakukan penambangan. Dimana wilayah ini dari tahun 1995 sampai sekarang belum pernah ditambang namun PT Timah Tbk wajib membayar royalti ke negara.

” Setiap Wilayah tidak 100 mendukung namun pro dan kontra itu wajar di mana kehadiran kontra sebagai pembenahan kedepannya,dan meminta CSR baik dari PT Timah Tbk maupun dari mitra agar tepat sasaran kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, ada juga warga yang mempertanyakan terkait teknis pemberian CSR kemasyarakat, serta mempertanyakan apakah CV lain bisa melakukan penambangan di wilayah perairan laut

Disampaikan oleh Ronanta terkait masalah CSR, tergantung keluhan permintaan dari masyarakat, namun terkait CV lain ingin melakukan penambangan tidak mempermasalahkan. Namun CV tersebut lulus verifikasi terlebih dahulu untuk bermitra dan yang penting ikuti aturan yang berlaku dari PT Timah Tbk.

Sementara itu, Hercules dari pihak CV Timor Ramelau menyampaikan bahwa pihaknya dipercaya oleh negara melalui PT Timah Tbk, dimana sebelum adanya sosialisasi hari pihak CV sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak tokoh masyarakat,ketua nelayan,LSM.

” Selaku pemilik CV bertanggung langsung kelapangan dan berharap ke saudara Bukong sebagai penanggung jawab Ponton PIP agar komitmen dan transparan dalam pelaksanaan penambangan serta menjaga sama sama hasil dari penambangan tersebut,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi di kantor Wasprod tersebut berjalan aman dan lancar.(Red/rls)

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts