DaerahNews

Jamkrida Babel Solusi Penjamin Kredit Bagi Pelaku UMKM

Jamkrida Babel Hadir Memberi Solusi Bagi Masyarkat Babel Pelaku Usaha Mikro 

 

 

Pangkalpinang, Journalarta.com – “Jamkrida Babel hadir untuk membantu masyarakat Bangka Belitung khususnya para pelaku usaha, UMKM (usaha masyarakat kecil dan menengah-red) dan Koperasi sebagai penjamin kredit kepada masyarakat Babel yang membutuhkan modal usaha baik yang baru atau yang sudah berjalan kepada pihak perbankan yang bermitra dengan Jamkrida,” ungkap Syainnudin Direktur Utama (Dirut) Jamkrida Babel saat memaparkan dan menerima kunjungan pengurus Kantor Berita Online Bangka Belitung (KBO Babel), Kamis pagi (9/06/2022).

Dijelaskannya, Jamkrida Babel sebagai penjamin kredit masyarakat kegiatan ekonomi mikro pada bank seperti Bank Sumsel Babel, Bank BPR Utari dan bank lainnya sebagai mitra Jamkrida Babel.

Keberadaan Jamkrida Babel atas amanah pemerintah Provinsi Kep Babel tentunya melalui regulasi yang dikuat dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku, seperti undang-undang serta peraturan Otoritas Jasa Keuangan OJK, dan Peraturan daerah (Perda) Prov Kep Babel, Keputusan gubernur, maupun peraturan lainnya.

“Alhamdulillah sudah sejak 8 tahun Jamkrida Babel berdiri sebagai salah satu BUMD yang telah memberi kontribusi bagi PAD (pendapat asli daerah-red) pemda kita, selain bermanfaat dan membantu masyarakat Babel pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya sehingga masyarakat pun meningkat kesejahteraannya.” Ujar pria (50) kelahiran Pangkalpinang dengan segudang pengalaman di dunia perbankan yang akrab dipanggil ‘Oding’.

Diungkapnya, dari 34 provinsi yang ada di Idonesia hanya 18 provinsi yang mendirikan lembaga penjamin kredit masyarakat seperti Jamkrida, padahal ada beberapa provinsi yang besar sumber PAD nya dan sangat mendukung pelaku kegiatan usaha mikro dan berdampak kepada kesejahteraan bagi masyarkatnya.

Di Bangka Belitung, Jamkrida Babel sebagai penjamin kredit, setidaknya ada sekitar 40 ribu masyarakat Babel sebagai pelaku usaha rakyat yang tersebar di Kota/Kabupaten yang dijamin kredit/pinjaman di perbankan Babel oleh Jamkrida Babel.

Dalam kunjungan pengurus dan pembina KBO Babel dijelaskan,Kehadiran pengurus KBO Babel tak lain melaksanakan program kerja organisasi yakni membangun kemitraan dan jejaringan ke lembaga-lembaga yang daerah menjadi mitra strategis untuk bersama-sama berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat di negeri Serumpun Sebalai Provinsi Kep Babel dalam mendukung program dan pembangunan bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Mayrest Kurniawan selaku Kepala KBO Babel dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kinerja Jamkrida Babel.

Sebagai bentuk kepeduliaan dan dukungan para pegiat pers yang terhimpunan organisasi KBO Babel,pengurus KBO Babel menyediakan ruang dan tempat kepada Jamkrida Babel untuk menyampaikan program-program unggulan Jamkrida dan informasi lainnya baik promosi-promosi di jejaring media KBO Babel dan program melalui Podcast KBO Babel.

“Ruang, waktu dan tempat kami persilahkan kepada Jamkrida untuk menggunakan fasilitas kami khususnya di program Podcast KBO Babel, semua tagline nya Podcast KBO Babel ‘tempatnya urang Bangka Belitung bekisah apepun’, semoga kita sama-sama bermanfaat bagi masyarkat, selain menjadi bagian yang berkontribusi dalam mendukung pembangunan nasional baik program pemerintah pusat maupun daerah,”kata Mayrest.

Sebagai salah satu pembina di KBO.Husien soengki sangat berharap kerjasama KBO Babel dan Jamkrida Babel lebih ditingkatkan lagi hingga misi Jamkrida Babel bisa tercapai.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala KBO Babel didampingi RIkky Fermana selaku Penanggungjawab KBO Babel, Husien Soengki mewakili Dewan Pembina KBO Babel serta tim kreatif KBO Babel.

Selain itu, Dirut Jamkrida Babel, Syainuddin Lukman didampingi Amir Faisal Direktur Penjaminan, ada Manejer Keuangan dan Perencanaan Agus Safitri, Manejer HRD, IT dan Umum, Menejer Penjaminan Yudiansyah, dan Andriansyah dari Satuan Pengawasan Internal/SPI . ** (KBO Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts