News

Jaminan Kesehatan Nyata Kebanggaan Bangsa, Dirut BPJS Jelaskan JKN di JMW 2023

Jakarta, Journalarta.comJaminan kesehatan Nasional (JKN) BPJS merupakan program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan memberikan akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas kepada seluruh penduduk Indonesia. 

Pada sesi Jaminan Kesehatan Nasional Kebanggaan Bangsa di hari kedua The 11th Jakarta Marketing Week 2023, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D., Direktur Utama BPJS Kesehatan dan Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp hadir mengupas keunggulan JKN BPJS yang melindungi kesehatan masyarakat dengan bentuk iuran bulanan sesuai dengan kategori peserta yang ditentukan, seperti peserta mandiri, peserta pekerja/buruh, atau peserta penerima bantuan sosial. 

Prof. dr. Ali Ghufron Mukti menyatakan, “ Jaminan ini, sebagai instrumen negara, bertujuan untuk mengalihkan risiko individu dan memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat. Dalam Reformasi Jaminan Sosial yang mulai dijalankan tahun 2023, BPJS Kesehatan bertekad untuk memperkuat komitmen kami dalam mewujudkan cakupan kesehatan. Program JKN ini merupakan bentuk nyata gotong royong bangsa yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

JKN tidak hanya memberikan jaminan kesehatan nasional, tetapi juga mendorong program dengan akses ke pelayanan kesehatan preventif seperti vaksinasi, konsultasi gizi, dan program-program kesehatan lainnya. Selain itu, JKN juga melindungi masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Keluarga (JKN-KIS) sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati manfaat dari program ini. 

JKN adalah bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses dan kesejahteraan kesehatan masyarakat. Dengan program ini, harapannya semua orang Indonesia dapat memperoleh pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau. JKN menjadi simbol kebanggaan negara dalam memenuhi hak dasar kesehatan bagi setiap warganya. 

Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp, sebagai moderator sesi turut memberikan pandangannya mengenai masa depan Jaminan Kesehatan Nasional. “Dalam era persaingan global yang semakin ketat, kesehatan adalah aset berharga bagi bangsa. Kami percaya bahwa dengan gotong royong dan komitmen bersama, kita dapat menciptakan sistem jaminan kesehatan nasional yang kuat dan berkelanjutan,” ucap Hermawan. 

BPJS Kesehatan sebagai asuransi kesehatan ternama di Indonesia memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasi jaminan kesehatan nasional.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts