EkonomiNews

Dukung Konsep Smart and Forest City, Sebagian Wilayah IKN Terisi Ruang Terbuka Hijau

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Sebagian besar wilayah di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terisi oleh ruang terbuka hijau guna mendukung konsep ‘smart and forest city’ yang bermanfaat bagi lingkungan.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimudin saat menjadi narasumber dalam kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Festival 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Abdi Muda pada Sabtu (3/8/2024) di Jakarta.

“75 persen dari 252.000 hektare (ha) lahan IKN, kalau dibandingkan dengan Jakarta itu 4 kali Jakarta, hanya 25 persen saja yang akan kita manfaatkan untuk perkantoran dan lain-lain sisanya sedang dihijaukan kembali dengan tanaman-tanaman endemik Kalimantan,” ungkap Alimudin.

Alimudin menegaskan bahwa IKN hanya dibangun di wilayah Hutan Tanaman Industri (HTI) dan tidak menggusur hutan lindung yang ada di Kalimantan. Hal itu dilakukan sejalan dengan peran Indonesia dalam kampanye global untuk membentuk pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pembangunan IKN itu ada di lahan HTI dengan pohonnya pohon eukaliptus yang dibuat untuk bahan-bahan kertas dan lain-lain. Kita membangun di situ dan kita tidak ada merambah hutan yang lain,” ujarnya.

Sedangkan untuk keberadaan masyarakat sekitar, Alimudin memastikan bahwa pihaknya sedang menyelesaikan konflik pertanahan sesuai dengan regulasi dengan salah satunya adalah penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) baru yang berpihak kepada masyarakat.

Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan penggusuran secara paksa.

“Kemudian juga muncul isu penggusuran masyarakat lokal, itu bohong ya atau hoax karena kalau ada itu yang bertanggung jawab saya. Bahwa ada konflik pertanahan iya itu ada dan sedang kita selesaikan oleh pemerintah daerah dan pusat serta masyarakat,” tegasnya.(*)

 

 

Sumber : Infopublik.id

Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts