NewsSport

Jokowi Apresiasi 2 Peraih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi perolehan medali emas yang diraih oleh dua atlet Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Dua medali emas tersebut masing-masing diraih oleh Veddriq Leonardo dari nomor panjat tebing kategori kecepatan putra dan Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73 kg.

“Ya saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi, dan masyarakat saya kira semuanya senang semuanya terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing dan juga baru saja Rizky Juliansyah juga di angkat besi. Saya kira negara mengapresiasi, rakyat juga sangat bangga terhadap capaian emas itu,” kata Jokowi dalam keterangannya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jum’at (9/8/2024).

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah pasti akan memberikan bonus apresiasi kepada atlet yang berprestasi di Olimpiade Paris 2024. Terkait nominalnya, ia akan dibicarakan terlebih dahulu.

“Ya saya juga kan baru tahu di subuh tadi, jadi ya nanti dibicarakan. Yang jelas pasti ada bonus,” ungkapnya.

Diketahui, atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil menyumbangkan medali emas pertama untuk kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 setelah menjuarai nomor panjat dinding kecepatan putra.

Pada partai final yang berlangsung di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8/2024) sore WIB, Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik untuk mengalahkan atlet Tiongkok, Wu Peng, yang tertinggal 0,02 detik.

Setelah itu, giliran atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah yang sukses membuat Indonesia Raya berkumandang di Paris. Turun di kelas 73 kg putra pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB, atlet berusia 21 tahun tersebut meraih emas usai mencatatkan total angkatan 354 kg dengan rincian 155 kg angkatan snatch dan 199 kg untuk angkatan clean and jerk. Angkatan clean and jerk tersebut sekaligus memecahkan rekor Olimpiade.

Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah juga mencatatkan sejarah sebagai peraih emas Olimpiade pertama dari cabang olahraga masing-masing.

Dengan tambahan emas ini, tim Indonesia telah mengumpulkan dua medali emas dan satu perunggu pada Olimpiade Paris 2024. Satu perunggu sebelumnya diraih oleh atlet bulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung.(*)

 

Sumber : BPMI Setpres

Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts