ADVETORIALDaerahNewsTravel

Setelah Terima Sentuhan dari PT Timah, Pempek Udang AK Leho Meningkat

BANGKA BARAT, JOURNALARTA.Com – Komitmen PT Timah Tbk untuk memperkuat pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berlanjut, salah satunya melalui inovasi sosial yang berkelanjutan.

Program ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dengan berbasis pengembangan potensi lokal.

Pemberdayaan UMKM dalam program Inovasi Sosial yang dilakukan PT Timah Tbk adalah melakukan pembinaan UMKM Pempek Udang Ak Leho di Desa Belo Laut, Kabupaten Bangka Barat. Selasa (13/8/2024).

Melalui Divisi Pengolahan dan Peleburan, PT Timah membantu pengembangan usaha Pempek Udang Ak Leho yang beranggotakan kelompok perempuan di Desa Belo Laut.

Selain memberikan bantuan peralatan, PT Timah juga melakukan pendampingan dan pelatihan yang intensif kepada para pelaku UMKM yang bertujuan untuk menciptakan produk-produk yang lebih kompetitif dan berdaya saing tinggi di pasar, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Pempek udang Ak Leho merupakan salah satu kelompok UMKM yang mengolah makanan yang berbahan dasar udang, seperti pempek udang, terasi dan kerupuk atau kemplang. Dimana diketahui, Desa Belo Laut memiliki potensi udang yang diperoleh dari nelayan yang menangkap ikan.

Inisiator UMKM Pempek Udang Ak Leho, Mersi bersama rekan-rekannya mengolah udang menjadi berbagai produk makanan seperti Pempek Udang, terasi, kemplang atau kerupuk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Banyak masyarakat yang mengenal Pempek Ak Leho, tak jarang produk ini juga menjadi buah tangan saat berkunjung ke Bangka Barat. Rasanya yang khas dan enak dapat memanjakan lidah pelanggan.

Semakin dikenal Pempek Ak Leho, permintaan pun semakin banyak. Namun, mereka mengalami kendala untuk memenuhi pesanan konsumen karena keterbatasan wadah untuk menampung bahan baku udang yang dibeli dari nelayan.

Untuk meningkatkan produksi Pempek Ak Leho, PT Timah memberikan bantuan freezer yang digunakan untuk menyimpan bahan baku udang dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain itu, PT Timah juga menyerahkan bantuan peralatan produksi seperti vakum, botol cuka, plastik vakum dan dulang.

“Alhamdulillah dengan bantuan Freezer dari PT Timah, kini kita dapat menyimpan udang dalam jumlah banyak. Dengan lebih banyak stok udang, produksi dan bisa lebih banyak melayani pesanan dari pelanggan,” kata Mersi.

Menurut Mersi, PT Timah telah mendukung usaha pempek udang mereka sejak lama. Pasalnya, PT Timah kerap membantu pemasaran produk Pempek Ak Leho.

Bentuk promosi yang dilakukan PT Timah diantaranya memfasilitasi mereka untuk memasarkan produk di berbagai kegiatan dan kerap membeli Pempek Ak Leho untuk menjamu tamu maupun dibawa ke pameran di tingkat nasional.

Ke depan, Mersi berharap PT Timah tetap mendampingi dirinya dalam menjalankan usaha Ak Leho sehingga bisa meningkatkan perekonomian kelompok mereka.

“Semoga PT Timah terus maju, berkembang dan terus peduli kepada pelaku UMKM. Kita juga berharap bisa dibantu perizinan, seperti sertifikasi halal dan tentunya terus membantu kita dalam hal promosi,” harapnya. (*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts