ADVETORIALNews

Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara

NUSANTARA, JOURNALARTA.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, Rabu (14/5/2024).

Presiden Jokowi mengatakan, Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan merupakan bagian fasilitas pendukung yang melengkapi keistimewaan Ibu Kota Negara.

Plaza Seremoni
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Plaza Seremoni di IKN, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, ruang terbuka ini menggambarkan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan, dan manusia dengan sesamanya.

“Saya berharap sumbu kebangsaan yang dilandasi filosofi keluhuran hubungan Tuhan, manusia, dan alam ini akan menjadikan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang harmonis, nyaman dan damai,” ucap Presiden.

Untuk diketahui, Plaza Seremoni dibangun pada Desember 2020 sampai Desember 2023 di atas lahan 9,45 hektar yang berada di antara Istana Garuda dengan Taman Kusuma Bangsa dan diapit kantor Kementerian Koordinator.

Kawasan ini juga dilengkapi visitor center, retail dan galeri, toilet dan service area, shared street, plaza timur dan barat, central promenade, forest trail dan forest walk, serta amfiteater.

Pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus mendatang, Plaza Seremoni akan difungsikan pada area Ceremonial Lawn (visitor center, amfiteater, forest trail, toilet umum, dan retail/galeri untuk UMKM) yang dapat menampung hingga 8.000 orang.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts