DaerahNews

Pendangkalan Alur Muara Sungailiat Terus Terjadi, Ini Kata BAP DPD RI

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Badan Akuntabilitas Publik Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BAP DPD RI) meminta agar masalah pendangkalan alur muara sungai di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera diselesaikan karena merugikan nelayan di daerah tersebut.

Masalah tersebut diakibatkan oleh abrasi pasir yang terus terjadi yang mengakibatkan longsor dan pendangkalan dasar di Muara Air Kantung di Sungailiat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua III BAP, Bambang Santoso pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) BAP DPD RI dengan Forum Silaturahmi Pesisir Bangka (FSPB) di Ruang Rapat Majapahit, Lantai 3, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

“Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) perlu menjaga dan meningkatkan fungsi serta kapasitas pelabuhan dan akses airnya untuk mengatasi permasalahan terkait normalisasi alur, muara, sungai dan kolam,” ujar Bambang dikutip Journalarta.com dari instagram dpdri, Kamis (22/8/2024).

Terkait masalah yang disampaikan, BAP DPD RI sebagai alat kelengkapan DPD RI akan melakukan kajian mendalam terkait persoalan tersebut.

Bambang berharap kedepannya permasalahan daerah dapat disampaikan kepada perwakilan DPD RI di masing-masing provinsi agar aspirasi dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti di tingkat pusat.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts