DaerahNewsSport

Atlet Kontingen Babel Berhasil Raih 2 Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

BANGKA BELITUNG, JOURNALARTA.Com – Para atlet kontingen provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ikut berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 berhasil mendulang prestasi meraih 2 medali emas, 2 perak, dan 6 perunggu berada di posisi peringkat 25 untuk sementara. Capaian tersebut telah melampaui edisi sebelumnya pada PON XX 2021 yang hanya meraih 1 medali emas dengan menduduki peringkat 32.

Dua medali emas berhasil diraih oleh Erwinsyah dari cabang olahraga (Cabor) Hapkido dan Atika Putriani dari Cabor Pencak Silat. Kemungkinan, para atlet dari provinsi Babel akan menambah raihan medali untuk menuntaskan target 4 medali emas dari Cabor yang akan bertanding lainnya yakni atletik, menembak, aeromodelling, dan voli pasir.

Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Sugito mengapresiasi dan menyambut langsung kepulangan Erwinsyah beserta pelatih dan rombongan di Terminal Kedatangan Bandara Depati Amir, Minggu (15/9/2024).

“Atas nama Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung dan seluruh masyarakat tentunya kami sangat bangga dan berterima kasih, atas perjuangan dan capaian yang sementara ini telah diraih oleh para atlet kontingen Babel. Sampai dengan hari ini capaian medali kita telah melampaui PON sebelumnya, meski tentu kita masih menunggu kabar baik dari Cabor yang masih akan bertanding, namun capaian sementara ini telah membuktikan bahwa ternyata kita bisa lebih baik dan harus semakin baik,” ujar Sugito mengutip siaran pers Diskominfo Babel.

Atlet Hapkido, Erwinsyah tidak pernah menyangka atas raihan emas yang ia dapatkan, sebab lawan yang ia hadapi pada ajang nasional kali ini bukan lawan yang mudah.

“Tidak pernah menyangka membawa pulang medali emas untuk Babel, walaupun tentu kalau bicara target semua atlet pasti inginnya meraih medali emas dan semua atlet pasti akan menunjukan yang terbaik untuk meraih itu,” ungkapnya.

Selain Erwinsyah, Atika Putriani dari Cabor Pencak Silat juga dijadwalkan tiba di Pangkalpinang pada sore hari nanti.

“Mari kita dukung bersama, kita viralkan di sosial media kita untuk memberikan selamat dan juga semangat kepada pada atlet yang masih bertanding. Semoga tercapai target 4 medali emas yang kita harapkan,” kata Pj Gubernur Sugito.

Keberhasilan perolehan sementara para atlet tentu tidak lepas dari pembinaan sejumlah pihak, di antaranya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Babel yang sudah mengambil langkah cepat untuk melaksanakan pembinaan lanjutan guna mempersiapkan kualifikasi PON 2027 dengan melakukan pembinaan terhadap para atlet peraih medali PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 serta seleksi atlet potensial lainnya.

Untuk para atlet penyumbang medali PON XXI Aceh-Sumut ini, Pemerintah telah menyiapkan bonus uang pembinaan hingga Rp 250 juta.

“Tentu hasil baik ini harus kita teruskan, sebab yang sudah diraih inipun bukti keberhasilan pembinaan yang dilaksanakan secara jangka panjang. Dan untuk para atlet peraih medali, kita telah menyiapkan apresiasi berupa uang pembinaan sebagai ungkapan terima kasih dan semoga dapat menjadi motivasi bagi para atlet, maupun para calon-calon atlet potensial lainnya,” jelas Sugito.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts