HealthNews

Cek Fakta, Kita Tetap Bisa Menularkan Covid-19 Meskipun Tidak Bergejala

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Kalau di Swab Tetap Dapat Terdeteksi

Pangkalpinang, Journalarta.com – Akhir-akhir ini muncul video viral yang menyatakan bahwa ” kalau ada covid-19 di badan tapi kita sehat, maka kita tidak bisa menularkan ke orang lain”.

Faktanya, orang yang terinfeksi COVID-19 namun tidak bergejala tetap bisa menularkan virus ke orang lain. Meskipun kita merasa dalam kondisi sehat, tetap waspada, karena bisa jadi di dalam tubuh kita terdapat virus namun kamu tidak menyadarinya.

Ternyata pasien covid-19 tanpa gejala itu kalau di swab sebetulnya tetap dapat terdeteksi virus penyebab covid yang masih hidup dan bisa menularkan ke orang lain (Arons, et al 2020.

Baca juga: Berikut Penggunaan Oksimeter Yang Direkomendasikan WHO Kepada Pasien Covid-19

Meski tidak bergejala, tetap harus lakukan isolasi mandiri saat terinfeksi covid-19.

Mengutip unggahan info grafis akun instagram @kemenkes_ri, Senin (28/6/2021), Sudah banyak terdapat laporan penularan Covid-19 dari orang yang tidak bergejala di berbagai negara, terutama penularan antar keluarga. Bahkan di perkirakan 25% penularan yang terjadi karena orang tanpa gejala (Jhonson, et al 2021).

Untuk itu, proteksi diri dan orang sekitar dengan selalu terapkan prokes. Jika kamu memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif, segera lakukan isolasi mandiri dan test swab untuk memastikan kondisi dan treatment selanjutnya.(red)

Baca juga: Berikut Situasi dan Perkembangan Terkini Covid-19 di Babel

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts