DaerahNewsUncategorized

Penyelundupan Ratusan Ton Pasir Timah Mengguncang Bangka Barat

BANGKA BARAT, JOURNALARTA.COM – Kabar tentang penyelundupan ratusan ton pasir timah menjadi sorotan utama di wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nama AT, seorang kolektor timah yang terkenal menjadi pusat perhatian dalam kasus ini. Dalam skenario penyelundupan ini, AT telah lama bermitra dengan smelter di Sungailiat kabupaten Bangka. Dengan kapasitasnya sebagai kolektor timah terkemuka, dirinya ditunjuk untuk mengumpulkan 200 ton timah yang akan diselundupkan, menjadi bagian penting dari jaringan penyelundupan ini, Kamis (14/3/2024).

Menurut informasi yang kami peroleh dari sumber terpercaya, AT tidak hanya bertanggung jawab atas pengiriman timah ilegal, tetapi juga memimpin koordinasi pasokan timah untuk diselundupkan bersama kolektor lainnya seperti LK, RK, dan KI. Penyelundupan ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh kelompok ini, dan kabarnya, rencananya akan ada aksi penyelundupan lanjutan.

Keterlibatan smelter di Sungailiat Bangka dalam aksi penyelundupan ini mencuat sebagai perhatian utama. Diduga, stok timah yang melimpah namun sulit dijual ke smelter swasta di Bangka menjadi alasan utama di balik aksi penyelundupan ini.

Namun, penegakan hukum terhadap kasus ini masih menemui kendala. Meskipun ada informasi yang cukup kuat terkait pelaku penyelundupan, namun polisi menegaskan perlunya alat bukti yang cukup sebelum dapat menindak tegas.

Koordinasi yang kuat dan sinergi antara berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk mengungkap jaringan penyelundupan ini hingga ke akar masalahnya. Sementara pihak-pihak terkait masih dalam upaya konfirmasi.

Polisi Bangka Barat telah berupaya menghentikan aksi penyelundupan ini, namun terkendala oleh cuaca buruk yang membuat kapal penyelundup sulit dikejar.

Patroli laut yang dilakukan oleh pihak berwenang telah berusaha mengejar kapal penyelundup, namun upaya ini terpaksa dihentikan karena ombak yang mencapai ketinggian mencapai 3 meter.

Bahkan dalam proses pengejaran, AKBP Todoan Gultom selaku Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Babel nyaris mengalami kecelakaan dan perangkat ponselnya rusak.

“Benar bro, sempat kami kejar sampai Pulau Pala tapi kondisi cuaca buruk, ombak hingga 3 meter jadi gak mampu lagi kami kejar,” kata AKBP Todoan Gultom.

Keterlibatan smelter di Sungailiat Bangka dalam aksi penyelundupan ini mencuat sebagai perhatian utama. Diduga, stok timah yang melimpah namun sulit dijual ke smelter swasta di Bangka menjadi alasan utama di balik aksi penyelundupan ini.

Smelter tersebut telah memesan 200 ton pasir timah, namun baru berhasil terealisasi sebanyak 60 ton.

“Jelas ini akibat banyak smelter di Bangka yang tidak beroperasi imbas dari banyak cukong timah yang dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung. Apalagi ini penyelundupan kedua, sudah barang tentu koordinasi kenceng sampai ke atas. Kalau pun ada penangkapan, itu juga anak buah yang masih merah putih. Sekarang ini penegakan hukum hanya Jaksa saja yang berani,” ungkap sumber terpercaya.

Namun, penegakan hukum terhadap kasus ini masih menemui kendala meskipun ada informasi yang cukup kuat terkait pelaku penyelundupan.Polisi menegaskan perlunya alat bukti yang cukup sebelum dapat menindak tegas.

Koordinasi yang kuat dan sinergi antara berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk mengungkap jaringan penyelundupan ini hingga ke akar masalahnya. Sementara pihak-pihak terkait masih dalam upaya konfirmasi.

Para pengamat hukum menyoroti keberanian penegakan hukum dalam menghadapi kasus ini. Dengan maraknya kasus penyelundupan dan keterlibatan cukong timah, tantangan bagi penegakan hukum semakin kompleks.

Masyarakat menuntut agar penegak hukum tidak hanya mengandalkan keberanian jaksa, tetapi juga menunjukkan tindakan tegas terhadap semua pihak yang terlibat tanpa pandang bulu.

Kepolisian Bangka Barat dan Polda Babel telah menanggapi kasus ini dengan serius. Meskipun terkendala oleh kondisi cuaca dan keterbatasan alat, mereka berjanji untuk terus memburu dan mengungkap jaringan penyelundupan ini.

Penyelidikan yang mendalam dan kerjasama yang erat antar lembaga penegak hukum menjadi kunci dalam menghadapi kasus semacam ini.

Kapolda Babel, Irjen Pol Tornagogo Sihombing melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jojo Sutarjo telah menegaskan komitmen pihak kepolisian untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Koordinasi dengan satuan terkait akan terus dilakukan untuk memastikan bahwa tindakan hukum dapat diterapkan secara adil dan transparan.

Dalam menghadapi kompleksitas kasus ini, diperlukan keterbukaan dan keberanian dari semua pihak terkait.

Publik menantikan respons yang tegas dan transparan dari penegak hukum, serta meminta agar kasus ini tidak terhenti begitu saja, melainkan terus diusut hingga ke akar permasalahannya.

Penyelundupan ratusan ton pasir timah bukan hanya masalah ekonomi, tetapi juga mengancam integritas dan kestabilan sosial di wilayah Bangka Barat. Oleh karena itu, penanganan kasus ini harus dilakukan dengan serius dan tanpa pandang bulu demi menjaga keadilan dan kedamaian bagi masyarakat Bangka Barat dan sekitarnya. (Penulis : Mung, Editor : Revan/KBO Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts